//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan pembinaan desa fokus di Desa Balai Sebut, Kecamatan Jangkang. Dalam hal ini Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau menjadi koordinator, Kamis (5/11/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sanggau, Paulus Usrin selaku koordinator desa fokus, Camat Jangkang, M.Marono, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau yang mewakili, Forkompimcam, Pj. Kades Balai Sebut beserta staff dan masyarakat Desa Balai Sebut.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kadis Nakertrans, Paulus Usrin selaku koordinator menyampaikan pada kesempatan tersebut mengusung tema “Utamakan keselamatan dan kesehatan kerja melalui budaya hidup bersih dan sehat, melaksanakan protokol kesehatan”.

“Sebagaimana Perbup Nomor 47 Tahun 2020, sehingga kita hadir disini menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelasnya.

Paulus Usrin juga sampaikan melalui desa fokus ini kita ingin dari 163 desa di Kabupaten Sanggau akan diupayakan pembinaannya secara bertahap.

“Opd-opd yang ada mengambil bagian, tentu program kami ada yang fisik dan non fisik. Perlu juga disampaikan yang sudah melakukan pembinaan desa fokus di Desa Balai Sebut ini itu dari BPBD Kabupaten Sanggau, BPM Pemdes Kabupaten Sanggau dan Disnakertrans Kabupaten Sanggau, pada kesempatan ini kami harapkan dari Opd-opd yang lain untuk dapat menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan di Desa Balai Sebut ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Camat Jangkang, M.Marono menyampaikan sesuai dengan keputusan Bupati Nomor 136 Tahun 2020 bahwa ditetapkan di Kecamatan Jangkang ada dua desa fokus.

“Kurang lebih tiga minggu yang lalu sudah dilakukan pembinaan di Desa Semombat dan sekarang di Desa Balai Sebut. Mudah-mudahan dengan pembinaan desa fokus ini bisa membawa angin segar dan kita percaya kepada perangkat daerah bisa membantu sedikit meningkatkan dari status yang misalnya dulunya desa tertinggal menjadi desa berkembang dan tentunya berharap menjadi desa yang maju atau desa mandiri,” ujarnya.

Mudah-mudahan, lanjut Camat Jangkang ini salah satu caranya, sehingga diadakan program desa fokus.

“Dengan adanya pembinaan desa fokus ini bisa membuat ibu kota Kecamatan Jangkang yaitu Desa Balai Sebut ini bisa menjadi desa maju atau desa mandiri. Pada kesempatan baik ini mari kita (masyarakat) menyimak program-program yang akan disampaikan dari SKPD,” tuturnya.

Selanjutnya penyampaikan program-program dari perangkat daerah dan dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab.

Penulis         : Alfian